09 Agustus 2008

Promosi Unik Dengan Menggunakan Blog

Promosi Unik Dengan Menggunakan Blog

Promosi merupakan hal penting dalam menjual produk di tengah kompetisi yang sangat ketat. Berbagai cara bisa kita lakukan dalam pengkampanyekan produk-produk kita, mulai dari menempatkan iklan di media masa, menggelar konperensi pers, hingga meyelenggarakan event yang dapat mengundang atensi pasar. Mengingat kompetisi telah begitu ketat, maka inovasi dalam promosi pun perlu di upayakan.


Perkembangan teknologi begitu pesat, kini setiap orang bisa menerbitkan media masa sendiri.
Kita mengenal blogger bagi orang yang mempunyai hobi menulis dan meyebarluaskan informasi melalui halaman-halaman internet, media ini sangat mengesankan. Saat ini tidak tersedia banyak pilihan blog, akan tetapi banyak juga peminat-peminat setia blog tertentu yang selalu menyediakan waktu untuk membaca apa saja yang tersaji di dalam blog favorit mereka. Ribuan pengunjung mebaca tulisan mereka, puluhan bahkan ratusan diantaranya tak segan memberikan komentar atas tulisan tersebut.

Detikcom pernah menulis dari sisi kualitas content, antara blog dengan mainstream media sesungguhnya tidaklah jauh berbeda. Bahkan beberapa hal, tulisan dari sebuah blog akan bisa lebih mendalam ketika disajikan karena memang penulisnya adalah orang yang cukup mendalami hal yang ditulisnya tersebut. Di pertengahan tahun 2007, rekan-rekan dari unit kerja DIVAS Kandatel Sumut pernah mengajukan inovasi untuk menggunakan blog sebagai media promosi online, dengan judul Promosi Murah dengan Menggunkan Blogger. Hasilnya, walau pun tidak mendapat peringkat namun disatu sisi ada kebanggaan tersendiri bagi rekan-rekan DIVAS Kandatel Sumut, karena secara perlahan namun pasti blog sudah mulai berkembang di kalangan karyawan PT. Telkom.

Berikut sedikit ulasan tentang cara unik mempromosikan produk maupun layanan yang melibatkan blogger, yang mungkin bisa diterapkan di daerah masing-masing.

Memilih Blog

Agar tujuan tepat sasaran, undanglah blog yang tepat, sama halnya dengan mengundang wartawan. Kita tentu sangat teliti memilih mana yang bisa memberi ulasan dengan tepat dan berimbang. Jangan lagi berpatokan pada berapa banyak wartawan atau blog yang hadir di event kita, tetapi prediksikan bagaimana pengaruh media mereka terhadap pembaca.

Menyiapkan Materi

Blogger adalah orang-orang yang familiar dengan teknologi informasi dan komunikasi. Tidak perlu terlalu jor-joran brosur, cukup dengan siapkan materi produk yang akan di posting pada blog anda.

Memberikan Komentar

Seorang blogger aktif biasanya selalu mengunjungi setiap blog orang lain, pada saat anda melakukan kunjungan ke blog orang lain tersebut selalulah memberikan sedikit komentar tentang blog mereka atau paling tidak gunakanlah sapaan di blog mereka dengan memperkenalkan nama blog anda, dengan demikian maka siempunya blog akan mengenal anda dengan nama blog anda. Bagaimana ? anda siap untuk mencobanya.....selamat mencoba.


Post To Blog By : AbdiR

0 komentar: