28 Juli 2008

Memperkenalkan Komputer dan Internet Pada Anak

Memperkenalkan Komputer dan Internet Pada Anak

Selain memiliki manfaat, komputer juga menyimpan efek samping. Ketelibatan orang tua amat diperlukan untuk mencegah anak mengambil manfaat dari kotak ajaib ini. Pengaruh positif atau negatif yang bisa yang muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah menggunakan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Kini perangkat pendidikan juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan mater, sehingga anak semakin suka. Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentu games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Namun, sisi negatif penggunaan komputer takjuga bisa diabaikan. salah satunya adalah kemungkinan anak mengonsumsi games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak. Sementara mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayang, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. meski demikian, mengajarkan internet bagi anak, di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua :

1. Orangtualah yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain.
Mengenalkan internet berarti pula mengenalkan manfaat dan tujuan penggunaan internet.
Karena itu, orangtua terlebih dahulu harus melek. Sayangnya, seringkali anaknya sudah
terlalu canggih, sementara orangtuanya tidak tahu apa-apa. Tidak tahu bagaimana membuka
internet, juga tahu apa-apa soal games yang suka dimainkan anak.

2. Gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi kesehatan anak. Misalnya saja
program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci
segala akses yang berbau seks dan kekerasan.

3. Letakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluaraga, dan
bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak, akan mempersulit
orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan
games yang berbau kekerasan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di
ruang keluarga, keleluasaan untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggot
keluarga yang lalu lalang.

Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambara atau pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtuaperlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat di berikan pada hari libur. Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berfikir bahwa bermain komputer adalah stu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun atau lebih. Namun dalam hal ini semua tergantung kepada kita sebagai orangtua, ini hanyalah salah satu tips agar anak-anak kita terhindar dari pengaruh negatif komputer dan internet. semoga tips ini bermanfaat bagi para orangtua yang mulai mengenalkan komputer dan internet kepada anak-anak.

(Maylanny Christin - Patriot 135) Post to blog : AbdiR

1 komentar:

StinkY mengatakan...

baguss bangett ..nih blogsnya sapa yah ?